Singkat Saja

Sebuah pesan elektronik masuk ke telepon genggam saya tadi pagi, pukul dua lebih entah berapa. Pesan yang dikirimkan melalui Yahoo Messenger sebagai perantara itu singkat saja bunyinya,

Hey, how are you? I miss talk to you, buzz me when you’re free.πŸ™‚

Tiga kalimat yang pendek itu membuat saya berpikir cukup panjang. Tentang ikatan batin yang mungkin dimiliki seseorang dengan orang lainnya. Maksud saya, si teman tersebut, yang mengirim pesan, saya kenal dia bertahun lamanya. Seperti saya, dia bukan orang yang suka bertanya kabar jika tak benar-benar ingin mendengar. Kami pernah sepakat, bahwa kalimat “apa kabar?” sudah menjadi kalimat yang paling tak beresensi akibat terlalu sering digunakan sebagai basa-basi.

Intinya, sejak bertahun lampau saya kenal dia, momen-momen saat saya bertanya hal tersebut atau sebaliknya, entah kenapa selalu tepat untuk dijawab, “tidak baik-baik saja”.

Pesan tersebut tidak saya balas. Bukan kenapa-kenapa, saya malas menjawab, karena dengan tidak membalas pesan tersebut, dia pasti mengerti bahwa saya memang sedang tidak baik-baik saja.

Sehari ini saya berpikir, tentang seseorang yang diciptakan Tuhan untuk selalu ada di sana. Tak peduli seberapa jauh, tapi orang ini akan selalu muncul pada saat-saat tertentu. Sebut saja teman berbagi rasa, karena tak juga sering berbagi cerita dan saya jengah dengan kata sahabat yang telah pula kehilangan esensinya, terlalu banyak digunakan dalam kisah cinta remaja.

Dan begitulah, perempuan itu, hanya dengan kalimat-kalimat singkat, bahkan tanpa dia pernah tahu, selalu berhasil membuat saya menyadari, saya tidak sendiri.

Kepada kamu, terimakasih.

πŸ™‚

 

Jakarta, 7 April 2011

Tinggalkan Balasan

